RR: Gunakan Momentum Corona Ini untuk Genjot Produksi Pangan

RizalRamli

Ekonom senior Rizal Ramli

       

Jakarta, TerbitNews - Begawan Ekonomi Rizal Ramli menyarankan, agar momentum pandemi corona atau covid-19 dapat dimaksimalkan guna menggenjot produksi pertanian, buah-buahan hingga sayur-mayur.
 
Hal tersebut disampaikan oleh RR begitu ia disapa seperti dikutip oleh KedaiPena.Com,dalam video yang diposting akun youtube @Sahabat Rizal Ramli, Senin (8/2/2021).
 
“Gunakan momentum corona ini untuk genjot produksi pertanian, buah-buhan dan sayuran. Karena kita impor ratusan juta dolar dari Tiongkok buah-buhan sekarang tidak bisa. Padahal kalau kita tanam itu tiga bulan jadi itu barang, bisa panen,” kata RR dalam video tersebut kala itu.
 
RR mengatakan, jangan sampai setiap terjadi masalah di sektor pertanian diselesaikan dengan cara impor. Menurut RR, sudah saatnya menggenjot produksi pertanian.
 
“Jadi genjot dong produksi dalam negeri. Dan kalau kita berhasil dalam momentum krisis ini, dua atau tiga kuartal untuk meningkatkan produksi buah-buhan, sayur-sayuran, nanti kita jadi eksportir kok,” tegas mantan Menko Perekonomian RI ini.
 
RR mengakui, seringkali memang yang menjadi kendala ialah tidak adanya ketersediaan lahan. RR menegaskan, tidak semua daerah cocok.
 
“Nah memang tidak ada daerah yang cocok, misalnya bawang putih itu hanya cocok di Brebes dan Pati. Tetapi minta tolong ke IPB, bikin studi kecocokan tanah, mungkin ada yang lain yang cocok. Kita bantu kredit, bibit dan pupuk untuk mereka meningkatkan krisis itu opportunity. Jadi jangan setiap ada masalah solusinya hanya impor-impor doang, kasihan petani-petani kita,” papar RR.
 
Tidak hanya itu, RR dalam video tersebut juga meminta, agar pemerintahan Jokowi untuk menghentikan sementara proyek-proyek besar yang membebani anggaran negara.
 
“Waktu krisis 98 itu kita lakukan hentikan dulu project-project yang tidak penting atau besar kita delay satu tahun kecuali project yang kecil dan skala kecil. Kita keep uang yang seharusnya untuk infrastruktur, dialihkan sektor lain. Kalau 2-3 proyek infrastruktur saja di-stop, diberikan uangnya kepada ibu-ibu, itu sudah lebih dari cukup,” tutur RR.
 
Dengan demikian, tegas RR, anggaran seharusnya difokuskan ketiga sektor, kesehatan untuk melawan pandemi ini, makanan, dan daya beli untuk yang miskin itu saja.
 
“Jangan mimpi bikin proyek pindah ibu kota atau yang lainlah dan juga studinya tidak jelas. Ini waktunya Presiden Jokowi bersikap tegas, hentikan proyek-proyek yang tidak terlalu penting buat satu tahun. Kalau kita sudah punya uang kita bangun lagi apa susahnya,” tandas RR.
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top