Kenangan Rizal Ramli Bersama Sang Istri Saat Berkunjung ke Malang

Rizal Ramli

Rizal Ramli saat ziarah ke makam istri, Ir Herawati Moelyono

       

Jakarta - Ada kisah tak biasa saat tokoh nasional Rizal Ramli berkunjung ke Malang, Jawa Timur. Seperti saat dirinya menjadi pembicara di Halaqoh Ekonomi 'Membedah Ekonomi era Gus Dur' di Malang, Kamis (31/1/2019).
 
Mantan Menko Perekonomian era Gus Dur (Abdurrahman Wahid) itu mengaku Kepingan-kepingan memori menjalari dan seakan mengembalikan dirinya ke puluhan tahun silam, ketika dia dan mendiang istrinya, Herawati Moeljono, masih sebagai sepasang kekasih.
 
"Dulu Malang ini tempat saya dan mendiang istri saya pacaran," kata Rizal Ramli ketika datang ke Kantor Harian Surya di Malang.
 
Ketika libur kuliah, Rizal Ramli dan Herawati Moeljono banyak menghabiskan waktu liburan di kota Aremania. Keduanya dipertemukan di Institut Teknologi Bandung (ITB).
 
Rizal Ramli mengaku tertarik dengan Hera usai memainkan Beethoven dalam sebuah pentas seni.
 
"Saya waktu itu Ketua Asosiasi Musik Klasik dan Jazz ITB. Saya inget dia main Beethoven waktu itu. Kepincutlah saya," ucap pria kelahiran Padang itu.
 
Menurut dia, tidak mudah menaklukkan hati Hera.
 
"Saya dulu item dekil gitu siapa yang mau kan. Tapi karena saya pepet terus, hebatnya Rizal Ramli kan karena dia tidak mau menyerah itu," kata Rizal Ramli lalu tertawa.
 
Kegigihan Rizal Ramli akhirnya berbuah manis. Hera menyambutnya, dan mereka menikah pada tahun 1982. Setelah menikah, Rizal Ramli dan Hera pindah ke Amerika Serikat.
 
Rizal Ramli menyelesaikan program doktoralnya di Boston University, sedangkan Hera mengambil program master di Harvard University.
 
"Sempet keteteran juga waktu itu karena kami punya dua anak. Bayangin aja punya anak, masih harus kerja, mesti kuliah juga," ucapnya.
 
Rizal Ramli menceritakan sosok Hera adalah wanita yang pendiam dan cerdas. Hera juga merupakan arsitek yang mendesain kawasan Mega Kuningan Jakarta.
 
"Dia itu pendiam. Meskipun asalnya dari Jawa Timur, dia lebih cocok jadi orang Jawa Tengah atau Solo," kenangnya.
 
Hera meninggal pada tahun 2006 akibat kanker.
 
Dua tahun setelahnya, Rizal Ramli menikah kembali dengan Maryani atau yang akrab disapa Afung. Afung meninggal dunia karena kanker serviks pada tahun 2011.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0