Deputi Bidang Usaha KSPP Kementerian BUMN Ahmad Bambang Ditunjuk Sebagai Wakil Senat Unsuri

Ahmad Bambang

Ahmad Bambang

       

Jakarta, Terbitnews - Penunjukan Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN, yang juga Komisaris Pertamina Ahmad Bambang sebagai Wakil Ketua Senat Unsuri karena dinilai memiliki visi yang sama dengan Unsuri yakni Entrepreuneur University. Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya, Dr.Ir.Gunawan Adji MT.

“Pak Abe (Ahmad Bambang-red) ini berasal dari unsur tokoh masyarakat yang kami nilai memiliki kriteria tersebut, dan kebetulan beliau berasal dari Kediri Jawa Timur ,” kata Gunawan saat dihubungi lewat telepon genggamnya, Jumat (12/10) malam.

Namun pria yang sebelumnya juga menjabat sejumlah posisi penting seperti Direktur Pemasaran dan Niaga serta Wakil Dirut PT Pertamina (Persero) ini bukan satu-satunya anggota Senat dari unsur tokoh masyarakat. “Selain pak Abe, yang ikut memperkuat jajaran Senat Universitas dari unsur masyarakat adalah Bupati Sidoarjo Syaiful Ilah dan tokoh NU Jatim Prof.Mas’ud,” ujarnya.

Menurut Gunawan, perguruan tinggi yang dipimpinnya ini sudah sejak dua tahun lalu mengubah visinya menjadi Entrepreneur University. Perubahan ini terjadi ketika jabatan Rektor Unsuri dijabat olehnya sejak September 2016 lalu. “Ini sebuah keniscayaan karena Unsuri dihadapkan pada tantangan yang sangat berat, baik dari dalam maupun dari luar Unsuri,” ungkapnya.

“Di usia yang tidak muda lagi adalah teramat berat bagi Unsuri yang harus menanggung beban dari kompleksitas permasalahan akibat kondisi SDM,” tambah Gunawan.

Terkait tingkat persaingan antar perguruan tinggi yang semakin ketat, menurut  mantan Ketua Harian Ikatan Alumnis (IKA) ITS ini semakin menambah sesaknya nafas Unsuri. “Dalam situasi seperti ini yang harus memilih antara hidup dan matinya organisasi, maka diperlukan cara-cara yang tidak biasa untuk keluar dari masalah dan untuk bertahan hidup. Salah satunya adalah menjadi Entrepreneur University,” papar Gunawan.

“Menjadi Entrepreneur University bagi Unsuri adalah bukan barang baru, bukan cita-cita baru, namun hanyalah mengembalikan cita-cita dan semangat para pendiri Unsuri pada tahun 70an,” tambah alumnus ITS Surabaya ini.

Ia mengungkapkan, para ulama/Kyai NU memang sejak dulu menginginkan agar NU memiliki Perguruan Tinggi yang berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang mengajarkan ilmu-ilmu umum, bukan ilmu-ilmu agama. Namun tentu saja tetap berspirit Ahlus Sunnah Saljamaah dan nilai-nilai akhlakul karimah. “Dari situ lahirlah Unsuri di bawah yayasan yang sebelumnya adalah Universitas NU Jatim di bawah Struktur NU,” ujarnya.

Kini, kata dia, Unsuri memiliki 5 fakultas dan 12 program studi. Program Studi Teknik Sipil, Ekonomi Manajemen, Ilmu Hukum, Ekomoni Syariah dan Pendidikan Agama Islam adalah program studi favorit yg paling banyak diminati dengan Akreditasi B.

“Unsuri termasuk Perguruan Tinggi yang tua usianya dengan jumlah wisuda per tahun rata-rata 500 wisudawan. Sampai saat ini jumlah Alumni sudah mencapai sekitar 23 ribu orang. Sedangkan mahasiswa aktif Unsuri ada 3000 an mahasiswa

Lebih jauh ia mengungkapkan, jauh sebelum lahirnya Unsuri, bahkan NKRI, Kanjeng Sunan Giri, salah seorang Wali Songo yang namanya diabadikan menjadi Universitas Sunan Giri memberi inspirasi melalui motode berdakwah yang kreatif, inovatif dan mandiri.

Menurut dia, Sunan Giri atau Raden Ainul Yaqin adalah seorang wali yang melahirkan karya seni diantaranya permainan anak seperti Jelungan dan Cublak Suweng, serta gending-gending jawa seperti Asmaradana dan Pucung. “Sunan Giri juga dikenal dengan ketinggian ilmu dan karomahnya, konon Raja Majapahit gentar begitu nama Sunan Giri disebut,” ungkapnya.

Ajaran Sunan Giri dalam berdakwa yang penuh dengan kreativitas, inovasi dan mandiri patut kiranya menjadi teladan. “Dan sifat-sifat kreatif, inovatif serta mandiri adalah sifat yang dimiliki oleh seorang entrepreneur atau wirausahawan,” ucapnya.

Dengan kata lain, lanjut Gunawan, Kanjeng Sunan Giri menjadi inspirasi bagi Universitas Sunan Giri Surabaya menjadi Entrepreneur University. “Di mata Gunawan, spirit baru sebagai Entrepreneur University telah menggerakkan organisasi Unsuri. Roda terus berputar dan menghasilkan energi yang dahyat dalam satu tahun terakhir ini,” tukasnya.

“Kami melihat ada semangat yang terus menggelora terutama pada anak-anak muda Unsuri. Mereka adalah civitas akedemika pilihan, yang terpilih karena adanya persaman komitmen dan tanggung jawab demi kemajuan Unsuri,” pungkas Gunawan.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0