Contra Flow Diterapkan Jalan Tol Jagorawi Bebas Macet

JasaMarga

Penerapan contra flow di jalan tol Jagorawi arah Jakarta menuju Ciawi, kawasan Puncak dan Sukabumi berhasil mengatasi kemacetan arus lalu lintas

       

Jakarta, TerbitNews — Penerapan contra flow di jalan tol Jagorawi arah Jakarta menuju Ciawi, kawasan Puncak dan Sukabumi berhasil mengatasi kemacetan arus lalu lintas yang selama ini sangat parah dikawasan tersebut. Arus kendaraan yang keluar tol Jagorawi menuju Ciawi, Puncak, dan Sukabumi  lancar,  tanpa mengalami hambatan. Selain itu tidak terjadi antean di Gerbang Tol Ciawi, terutama pada hari Sabtu.
 
Seperti diketahui, sebelum diberlakukannya contra flow,  arus kendaraan di tol jagorawi dari arah Jakarta, Ciawi menuju Puncak dan Sukabumi, kerap mengalami kemacetan yang sangat parah. Hal ini terjadi dampak dari rekayasa lalu lintas berupa kebijakan satu arah dari Puncak ke Ciawi dan Jakarta setiap hari Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 sd 09.00.
 
Akibat kebijakan satu arah ini,  arus lalu lintas dari arah Jakarta/Ciawi menuju Puncak ditutup, akibatnya kendaraan yang berasal dari Jakarta menuju Puncak terhenti dan menyebabkan antrian yang panjang bahkan mencapai Jalan Tol Jagorawi di KM 40A.
 
Selain itu, antrian menuju kawasan Puncak menyebabkan kendaraan yang berasal dari Jakarta menuju Gadog/Lido/Sukabumi menjadi terhalang.
 
Rilis PT Jasa Marga Cabang Jagorawi yang diterima Minggu (23/9/2018), menyebutkan, untuk mengatasi hal tersebut Kepolisian dan PT Jasa Marga Cabang Jagorawi melakukan beberapa rekayasa lalu lintas untuk memisahkan antrian kendaraan dari Jakarta menuju Puncak dan dari Jakarta menuju Gadog/Lido/Sukabumi, antara lain, melakukan kanalisasi di km 45A (tepat di depan TIP 45A) sd di km 46 (Polingga) dan melakukan contra flow mulai dari GT Ciawi 1 (KM 44A) sd KM 46+200A.
 
Pengguna jalan tol Jagorawi menyambut positif pemberlakukan contra flow di tol Jagorawi. “Terima Kasih Jasa Marga, perjalanan saya menuju Puncak lancar, tidak antre lagi di GT Ciawi karena penerapan contra flow. Kalau sebelumnya macet parah. Saya berharap contra flow di tol Jagorawi terus dilakukan,” ujar Emmy Suryatin, warga Cililitan, Jakarta Timur kepada wartawan,  Sbtu (22/9/2018).
 
6 Kali Diberlakukan
 
Seperti diketahui, ji coba contra flow Ciawi pertamakalinya dilakukan pada 11 Agustus 2018.   PT Jasa Marga sudah melakukan contra flow dikawasan tersebut sebanyak enam  kali (11 Agustus, 17 Agustus, 1 September, 8 September, 15 September dan 22 September 2018).
 
Dari hasil evaluasi, proporsi kendaraan yang menuju Puncak dan Sukabumi/Gadog 50%:50%. Dalam pelaksanaannya tidak ada antrian di GT Ciawi
 
Contra flow dilakukan setiap akhir pekan pada Sabtu pagi atau hari pertama libur panjang mulai pukul 07.00 - 09.00 dari km 44A (gerbang tol/GT Ciawi 1 Gardu 02 dan 04 paling kanan) s.d. 46+200A.
 
Sebelum pelaksanaan contra flow pihak Jasa Marga sudah berkoordinasi dengan Korlantas Polres Bogor dan PJR Turangga 004.
 
Mekanisme pelaksanaannya,  menempatkan rambu informasi terkait contra flow sebelum GT Ciawi 1, SS Ciawi dari TL Gadog menuju GT Ciawi 2 dan dari TL Ciawi menuju GT Ciawi 2, menempatkan rubber cone per 5 meter di lokasi contra flow, menginformasikan pemberlakukan lajur khusus contra flow pada portal di Gardu 02 dan 04 GT Ciawi 1, memastikan kanalisasi di km 45A telah dilakukan, menginformasikan via Public Addres di GT Ciawi, menginformasikan via VMS saat pelaksanaan conra flow dimulai, menempatkan personil PJR, Polres Bogor dan atau LJT di akses masuk dan akses keluar contra flow Ciawi, CF selesai dilaksanakan/ditutup jika sdh diinformasikan bahwa puncak telah dibuka untuk kendaraan dari Jakarta (prioritas naik). 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0