KPK Diminta Segera Tuntaskan Kasus Suap Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah

KPK

KPK

       

Jakarta, Terbitnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk segera menyelesaikan kasus dugaan suap pengucuran Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun 2011 atau yang dikenal dengan Kasus ‘Kardus Durian’.

Kordinator lapangan Masyarakat Aktivis Anti Korupsi (MAAKI), M. Yusuf saat ditemui ditengah aksinya bidepan Gedung KPK, Jumat (7/9/2018) mengatakan bahwa Kasus ‘Kardus Durian’ ini diketahui sempat menyeret nama-nama orang besar politikus maupun nama pejabat kepemrintahan.

Dikatakan Yusuf, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus menjelaskan sejauhmana penanganan perkara dugaan korupsi dana optimalisasi Ditjen P2KT Kemenakertrans pada tahun 2011.

MAAKI menilai hingga saat ini KPK belum memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat apakah kasus tersebut tetap akan dilanjutkan atau ditutup sebagaimana ketentuan Pasal 20 dan Pasal 44 UU KPK.

Kasus ‘kardus durian’ ini berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK, pada 25 Agustus 2011 silam. Tim KPK, kala itu menangkap Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, I Nyoman Suisnaya dan Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi Program Kemenakertrans, Dadong Irbarelawan.

Penyidik KPK juga menciduk Kuasa Direksi PT Alam Jaya Papua, Dharnawati yang baru saja mengantarkan uang Rp1,5 miliar ke kantor Kemenakertrans. Uang itu dibungkus menggunakan kardus durian. Uang tersebut merupakan tanda terima kasih karena PT Alam Jaya Papua telah diloloskan sebagai kontraktor DPPID di Kabupaten Keerom, Teluk Wondama, Manokwari, dan Mimika, dengan nilai proyek Rp73 miliar.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0