Rizal Ramli: Manajemen Ekonomi Makro Indonesia Ala Tensoplast!

Rizal Ramli

Rizal Ramli

       

Jakarta, Terbitnews - Ekonom senior Indonesia DR Rizal Ramli kembali mengkritik kinerja tim ekonomi pemerintah yang tak sanggup membendung tekanan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah. Ia menyebut, langkah serta kebijakan yang dilakukan saat ini terlalu tergesa-gesa hingga mendekatkan Indonesia pada krisis ekonomi.

“Ini sudah aneh namanya, lihat saja, manajemen ekonomi makro Indonesia selama ini seperti tambah sulam. Seperti manajeman makro ala tensoplast,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, hari inim Minggu (2/9/2018).

Padahal, ia mengungkapkan telah lama mengingatkan dampak kebijakan yang dilakukan tim ekonomi pemerintah yang berpotensi pada pelemahan rupiah. “Ini kok baru sekarang pada panik, itu sudah saya bahas akhir tahun 2017 lalu, soal bahayanya peningkatan defisit current accounts. Tapikan menteri-menteri ekonomi pak Jokowi sibuk bantah,” tegasnya.

Mantan anggota tim panel penasihat ekonomi PBB ini menambahkan, bahwa usaha menahan laju penurunan rupiah memang tugas Bank Indonesia. “Tapi pemerintah juga perlu menjalankan fungsinya agar mata uang nasional ini terjaga,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, komitmen BI untuk menjaga stabilitas ekonomi sangat kuat, terutama stabilitas nilai tukar rupiah… kami mengintensifkan atau kami meningkatkan volume intervensi di pasar forex.

“kondisi ekonomi Indonesia masih kuat dan tahan. Bank Sentral juga akan terus mewaspadai apa yang terjadi di negara lain, termasuk Turki dan Argentina,” ujarnya.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top