Rizal Ramli Heran, Banyak Orang yang Mendadak Ngaku Aktivis `98

Rizal Ramli

Rizal Ramli

       

Jakarta, TerbitNews -- Tokoh pergerakan, Rizal Ramli kembali melontarkan kritikannya. Kali ini inisiator Gerakan Anti Kebodohan yang pernah dipenjara rezim Soeharto itu menyindir para aktivis `98 di Jakarta.
 
Rizal Ramli mengungkapkan, gerakan reformasi di tahun 1998 dimulai dari Makassar, Medan, dan berlanjut di Solo serta Yogyakarta, bukan dari Jakarta.
 
Gerakan reformasi, kata Rizal Ramli, dimulai pada 2 Mei dan kemudian berlanjut ke di Jakarta pada 17-18 Mei 1998 silam.
 
“Saya ingin mengatakan kepada angkatan `98 di Jakarta yang sok jago, mohon maaf gerakan reformasi itu tidak dimulai di Jakarta, tapi dimulai di Makassar, jangan salah tuh. Kemudian di Medan baru 3 minggu kemudian di Jakarta,” ujarnya dalam sebuah diskusi di hotel bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2018).
 
Rizal Ramli mengaku banyak mengenal tokoh aktivis `98 yang memang hadir dalam gerakan awal reformasi. Misalnya, Wahab Talaohu, Eki, Niko Adrian, Kasino, Abdullah, Elli Salomo, Sarbini, Adian Napitupulu, Imanuel atau biasa disapa Noel, Benny Rhamdani, Sangap, dan Pacik.
 
“Sekarang banyak tokoh `98 yang nongol di tv, saya enggak kenal, karena semua aktivis kita semua tahu yang badung-badung, jangan kegedeaan kepala,” tukasnya sambil diwarnai tepuk tangan para undangan.
 
Rizal pun mengingatkan, tokoh pergerakan dan aktivis memiliki definisi yang berbeda.
 
“Saya sungkan teman-teman pergerakan menajamkan perjuangan jatuh bangun, berdiri lagi, bangun lagi gak ada habis-habisnya. Itu lah yang membedakan aktivis, aktivis itu ada oleh situasi,” tutur Rizal.
 
Sebelumnya diberitakan, dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) para aktivis `98 mendeklarasikan diri mendukung penuh Jokowi sebagai calon presiden periode 2019-2024.
 
Menurut para aktivis `98, sosok Jokowi dianggap memiliki kemampuan untuk mewujudkan cita cita reformasi `98.
 
“Kenapa karena Jokowi tidak punya kejahatan ekonomi, tidak punya kejahatan politik, dan tidak punya kejahatan kemanusiaan,” ujar perwakilan aktivis 98, Wahab Tolehu, saat membacakan deklarasi, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7/2018).
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0