Orasi Budaya, Rizal Ramli: "Menjadi Bangsa Unggul di Dunia"

RizalRamli,OrasiKebudayaan

Rizal Ramli dalam orasi budaya

       

Jakarta, TerbitNews -- Orasi Budaya, Rizal Ramli: Kunci Kemakmuran Sebuah Bangsa Tergantung Keberanian Melakukan Perubahan. Kunci kemakmuran dan kesejahteraan sebuah negara terletak pada pemimpin dan rakyat yang berani mencoba dan melakukan invoasi terus menerus.
 
Hal ini diingatkan ekonom senior DR. Rizal Ramli ketika menyampaikan orasi budaya pada Malam Budaya Manusia Bintang 2018 yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL di Bengkulu, Minggu malam (29/4). 
 
Orasi Rizal Ramli yang mengambil tema "Menjadi Bangsa Unggul di Dunia" itu menekankan pentingnya memupuk kemauan dan keberanian melakukan perubahan dan inovasi.    
 
Rizal Ramli mengatakan, sejarah panjang bangsa Indonesia pun sebenarnya diwarna oleh keberanian pemimpin dan rakyat dalam melakukan inovasi ke arah yang lebih baik. 
 
Dia menyebutkan keagungan Kerajaan Sriwijaya dan kemegahan Kerajaan Majapahit, misalnya, juga hasil dari keberanian melakukan perubahan itu. 
 
"Ada satu profesor dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang mempelajari mengapa ada negara yang maju, hebat, makmur, dan kenapa ada negara yang biasa-biasa saja," ujar Rizal Ramli.
 
"Jawabannya, negeri  yang memiliki pemimpin yang berani dan rakyat yang juga berani mencoba, melakukan inovasi terus menerus menjadi bangsa yang jauh lebih makmur, jauh lebih sejahtera dibandingkan bangsa yang tidak berani mencoba, tidak berani melakukan inovasi dan perubahan," sambung Rizal Ramli lagi.
 
Rizal Ramli juga mengatakan, kunci lain kemakmuran dan kesejahteraan adalah kemampuan dalam beradapsi dengan nilai-nilai baru yang datang dari luar. 
 
Dia mencontohkan bangsa India, Tiongkok dan Jepang, yang menurutnya memiliki kemampuan mempertahankan jatidiri bangsa kendati di saat bersamaan bersinggungan dengan budaya dari luar. 
 
"Saya contohkan hal kecil. Lihatlah batik kita. Dulu warnanya selalu gelap. Kemudian banyak disainer kita sendiri, dan orang asing yang datang, membuat warna batik jadi jauh lebih bervariasi, jauh lebih hidup. Tadinya jauh lebih tua, menjadi pastel dan sebagainya," demikian Rizal Ramli. 
 
Selain memberikan orasi budaya, dalam Malam Budaya Manusia Bintang 2018 itu Rizal Ramli juga mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award dari Kantor Berita Politik RMOL.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0