Rizal Ramli: Zaman Pak Harto Kita Kasih Beras ke Vietnam dan Bantu Afrika

Rizal Ramli,Beras

Rizal Ramli dialog dengan pedagang Beras Cipinang

       

Jakarta, TerbitNews  — Ekonom senior DR Rizal Ramli mengemukakan, di zaman Presiden Suharto Indonesia ekspor beras ke Vietnam, bahkan membantu negara Afrika yang dilanda masalah pangan.  
 
"Dulu zaman Pak Harto kita kasih beras, pinjemin beras ke Vietnam loh, Vietnam terima kasih, kita (juga) bantu negara Afrika ya," kata Rizal saat melakukan kunjungan ke Food Station, Kompleks Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin (15/1).
 
Ia menambahkan, Indonesia saat ini terkadang selalu pas namun juga kurang 1-2 juta ton beras. Rizal tak mau Indonesian selalu seperti ini terus menerus.
 
Menurutnya, Menteri Pertanian perlu untuk membuat rancangan pembuatan sawah baru 1 hingga 2 juta hektare di Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Papua karena di wilayah tersebut karakteristiknya mirip seperti di Delta Mekong, Vietnam tempat subur untuk pesawahan.
 
Ia mengatakan, jika dalam waktu empat tahun, dari sekitar 2 juta hektar tanah pesawahan bisa menghasilkan beras sebanyak delapan juta ton. "Cukup buat dalam negeri, bahkan kita bisa kasih makan ekspor ke luar negeri," kata Rizal Ramli.
 
Mantan Kepala Bulog, Rizal Ramli yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya mengatakan, mengatakan, bisa saja rencana impor beras  dibatalkan jika Presiden Joko Widodo (Jokwi) berkehendak dan Bulog turut aktif gunakan stok yang ada untuk stabilitas harga. 
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0