Merubah Struktur Perekonomian Menjadi Seperti Piramida

Ekonomi Indonesia

Rizal Ramli

       

Oleh : DR Rizal Ramli

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelum ini, adalah dengan merubah struktur perekonomian menjadi seperti `piramida`, Rakyat baru akan bisa merasakan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Langkah pertama adalah dengan jalan menyalurkan lebih banyak kredit dengan bunga rendah kepada usaha menengah dan kecil. Rasio kredit perbankan saat ini masih terlalu kecil, hanya sekitar 9 persen, seharusnya dapat diatas 12 persen.

Langkah kedua adalah dengan jalan memberi keringanan pajak kepada usaha kecil dan menengah. Seharusnya, usaha kecil dan menengah yang memiliki omzet Rp1 Miliar belum dikenakan pajak.

Langkah ketiga adalah dengan cara memaksa bisnis besar dan BUMN untuk tidak lagi menjadi sekedar `jago kandang`. Dengan menguasai pasar dunia, niscaya akan lebih banyak nilai tambah dari luar negeri yang dapat dimasukan ke dalam negeri. Bukan justru sebaliknya.

Dengan berhasil melakukan ketiga langkah tersebut, struktur perekonomian akan berubah menjadi lebih adil. Dan hanya dengan perubahan demikianlah, kita baru benar-benar merebut kemerdekaan bagi mayoritas rakyat.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0