Sri Mulyani Tetap di Kabinet, Jokowi Akan Ditinggalkan Rakyat

Sri Mulyani Presiden Jokowi

Sri Mulyani

       

Jakarta - Presiden Joko Widodo dikabarkan kembali akan melakukan reshuffle kabinet jiid III. Dari berbagai sumber menyebutkan, perombakan kabinet itu tinggal menunggu Keppres untuk ditanda tangani Presiden. Sedangkan nama-nama yang bakal masuk kabinet sudah ada dikantong Presiden Jokowi.

Pada reshuffle kali ini, sumber itu menyebutkan, Presiden akan mengganti tim ekonominya, antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, dan lainnya.

Soalnya, kata sumber itu, sejak beberapa tahun terakhir, tim ekonomi pemerintahan Jokowi menjadi sorotan Rakyat karena kebijakannya yang tidak mampu mengelola kondisi perekonomian negara, daya beli masyarakat anjlok, anggaran dipangkas demi bayar utang plus bunga, pertumbuhan ekonomi mandek diangka 5%, hingga pengenaan pajak yang serampangan, seperti pajak ke petani tebu.

“Publik mengetahui betul ketidakmampuan tim ekonomi tersebut. Sri Mulyani, misalnya, dia gagal untuk kedua kalinya sebagai menkeu. Saat di pemerintahan SBY dia juga gagal. Jadi, kalau pada rshuffle jilid III nanti, Sri Mulyani tetap ada di kabinet, elektabilitas Jokowi akan melorot, dan beliau akan ditinggalkan rakyat. Ujung-ujungnya jika pada 2019 mencalonkan kembali, rakyat tidak akan memilihnya,” kata pengamat kebijakan publik Zulfikar Ahmad, Rabu (12/7/2017).

Sejumlah kalangan menyebutkan, sebagai tim ekonomi, manuver kebijakannya tak lebih seperti "debt kolektor" bagi para kreditur pemberi utang. Jauh sebagai sosok pejabat negara yang seharusnya urus perekonomian untuk sejahterkan rakyat dan kemajuan bangsanya.

Pemerintahan SBY

Di era pemerintahan SBY, keberadaan Sri Mulyani yang waktu itu juga menjabat Menteri Keuangan nyatanya tak mampu berbuat apa-apa, rakyat justru mengingat Sri Mulyani dalam dugaan keterlibatan skandal bailout century pada 2008, mencuatnya kasus pajak Gayus Tambunan, dan aktor dibalik menumpuknya utang tak berkualitas dan berbunga tinggi di era SBY.

Lalu apa jabatan Sri Mulyani jika tidak lagi menjabat Menkeu, kabar menyebutkan dia akan mengisi posisi menko perekonomian menggantikan Darmin Nasution.

“Kalau dia jadi menko ekonomi kita makin jeblok dan tekor. Sudah bisa dipastikan Jokowi akan ditinggalkan rakyatnya. Sebaiknya Jokowi mencari tokoh lain menjadi Menko atau Menkeu untuk menyelamatkan ekonomi negara dan menyelamatkan rakyat dari kemiskinan,” ujar Zulfikar.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0