Soal Reklamasi, Tim Sinkronisasi Anies-Sandi Akui Hasil Kerja Rizal Ramli

Reklamasi Rizal Ramli

Mantan Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli

       

TerbitNews - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman saat dijabat Rizal Ramli telah menyatakan secata tegas bahwa proyek reklamasi harus segera dihentikan atau dilakukan moratorium. Namun hingga kini hasil kajian yang menjadi alasan penghentian itu tidak pernah dibuka ke masyarakat.
 
Terkait hal itu,  tim sinkronisasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno dibawah pimpinan Sudirman Said meminta Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk membeberkan kajian yang pernah dibuat pendahulunya, Rizal Ramli.
 

Anggota tim sinkronisasi Anies-Sandi, Marco Kusumawidjaja menyatakan, sampai saat ini publik tidak pernah tahu secara rinci isi dari kajian yang pernah dibuat Rizal Ramli tersebut.

"Jangan lupa dulu Rizal Ramli sudah melakukan studi kan, kemudian menyimppulkan moratorium, kemudian dia diganti dan kajiannya tidak dikeluarkan," kata Marco kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/5).
 
Menanggapi desakan tim sinkronisasi Anies-Sandi, pengamat perkotaan Ismail Syam mendukung agar hasil kajian Kemenko  Kemaritiman  dibuka ke publik. “Luhut harus membuka hasil kajian itu, publik berhak untuk mengetahuinya. Apalagi, langkah Rizal Ramli menghentikan reklamasi mendapat dukungan banyak kalangan,” ujar Ismail.
 
Ismail mengemukakan, keiginan tim sinkronisasi agar hasil kajian reklamasi sebelumnya dibuka ke publik menunjukkan tim tersebut mengaku kebenaran langkah yang sudah diambil Rizal Ramli bersama timnya. “Mereka mengakui kebijakan menghentikan reklamasi sudah benar,” ujarnya.

Anies-Sandi

Menurut Marco, Luhut belum lama ini menyatakan akan mengundang Anies-Sandi untuk bertemu dan membahas proyek reklamasi. Hal itu menyusul adanya rencana Anies-Sandi menghentikan proyek tersebut jika nanti telah resmi menjabat.  
 
Menurut Marco, baik Anies maupun Sandi menyatakana bersedia memenuhi undangan Luhut saat keduanya sudah resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. "Kalau belum menjabat kapasitasnya kan sebagai apa," ujar Marco.

Penghentian proyek reklamasi merupakan salah satu janji kampanye Anies-Sandi saat kampanye Pilkada DKI 2017. Menurut Marco, Anies-Sandi akan berupaya untuk memenuhi janji tersebut. Ia yakin janji tersebut bisa terealisasi karena rencana untuk menghentikan proyek reklamasi sudah melalui berbagai kajian.

"Jadi mari kita biasakan bahwa janji gubernur dipenuhi bukan sekadar diingkari. Karena itu sebelum membuat janji-janji itu memang sudah dikaji," demikian Marco.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0