Tokoh Buruh: ILO Tidak Izinkan Buruh Menjadi Alat Politik

Buruh Alat Politik

DISKUSI HARI BURUH- Irgan Chairil Mahfidz, anggota Komisi IX DPR Fraksi PPP (tengah) dan Dewi Asmara, anggota Komisi IX DPR Fraksi Golkar (kanan) ketika menjadi pembicara dalam diskusi jelang hari buruh di Gedung DPR/MPR, Selasa (25/4) bertema “Menakar UU Ketenagakerjaan, Masihkah Buruh Jadi Alat Politik?

       

TerbitNews  - Tokoh buruh Indonesia, Sonny Pudji Sasono mengatakan saat ini gerakan buruh tidak murni menyuarakan kepentingannya masing-masing. Justru yang ada, gerakan buruh menjadi gerakan politik.
 
Untuk itu, Sonny mengharapkan gerakan buruh yang tersebar di seluruh indonesia jangan dijadikan alat untuk kepentingan politik. 
 
“Kalau saya katakan hari ini apakah buruh masih sebagai alat politik, saya pikir itu masih, karena buruh ini secara tanda kutip sebetulnya tidak ingin berpolitik karena kalau mereka berpolitik mereka tidak diizinkan oleh ILO dan mereka diminta untuk keluar sehingga mereka tidak berpolitik,” ujar Sonny dalam diskusi dengan tema "Masih kan Buruh Menjadi Alat Politik" di DPR, Jakarta, Selasa, (25/4/2017).
 
Turut hadir sebagai pembicara anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Golkar Dewi Asmara, dan anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PPP, Irgan Chairul Mahfiz.
 
Saat ini, buruh terlibat dalam politik karena memang diseting supaya mereka menjadi alat politik pada waktu tertentu, misalnya di Pilkada, di Pileg dan sebagainya. “Jadi saya pikir memang buruh tidak berpolitik tetapi mereka ditarik-tarik untuk berpolitik,” katanya.
 
Kalaupun ada buruh yang terlibat di politik ini hanya ditingkat elit saja, sedangkan ditingkat buruh dan ditingkat pekerja tidak ada yang terlibat dalam dunia politik. Hal itu bisa lihat dengan banyak tokoh buruh yang ikut terlibat dalam pemilihan pemilu legislatif dan sebagainya ketika legislatif mereka tidak terpilih.
 
“Ini menjadi perhatian tersendiri oleh kita dan kita di buruh sendiri sudah melakukan kajian bahwa tidak berlaku tidak langsung bahwa namanya pemimpin yang mempunyai banyaknya buruh ketika mencalonkan itu pasti untuk jadi dan itu tidak menjadi jaminan, ini suatu fenomena sebetulnya,'' katanya
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0