Demi Keadilan Rakyat Sidang Korupsi e-KTP Harus Disiarkan live

Korupsi e-KTP Tipikor

Ilustrasi (ist)

       

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Puyono, meminta agar jalannya sidang mega korupsi proyek e-KTP disiarkan secara langsung oleh media agar dapat langsung disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia.

"Sidang pembunuhan kasus mirna saja disiarkan secara live dari pengadilan, masa sidang korupsi e-KTP ngerampok duit rakyat Indonesia tidak disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia," kata Arief dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Menurutnya, agar kasus tersebit terang benderang, Ketua Majelis Hakim seharus tidak boleh melarang sidang korupsi e-ktp  di boikot untuk disiarkan langsung, ini sudah menginjak-injak rasa keadilan rakyat yang duitnya sudah dirampok para koruptor.

"Apalagi diduga banyak Wakil Rakyat dan pejabat negara yang terlibat dalam korupsi e-KTP, jadi Rakyat berhak menyaksikan siapa siapa saja Wakil Rakyat mereka, yang namanya terlibat dan merampok uang rakyat," katanya.

Arief menerangkan, semua sidang perkara yang bersifat umum memang terbuka untuk umum, artinya kata umum bukan berarti masyarakat umun hanya datang menyaksikan sidang tersebut, melainkan media massa elektronik yang merupakan saluran dan wahana komunikasi bisa mewakili rakyat untuk menyiarkan jalannya sidang dan masyarakat seluruh Indonesia bisa menyaksikannya.

Sidang tertutup kasus korupsi e-KTP sudah merupakan suatu bentuk pelanggaran Hak asasi masyarakat dalam mendapatkan informasi.

"Jadi saya pikir larangan ketua majelis hakim untuk melarang siaran langsung melalui televisi diduga merupakan pesanan para bandit berkedok Wakil Rakyat yang ikut terlihat dalam mega korupsi proyek e-KTP," cetusnya.

Karena itu, dirinya mengimbau agar pada sidang berikutnya masyarakat umum untuk datang berbondong bondong ke pengadilan dimana sidang korupsi e-KTP yang dilarang live, karena tidak ada satu pasal ataupun UU yang membatasi masyarakat umum untuk menyaksikan jalannya sidang korupsi e-KTP.

Kedatangan masyarakat nantinya juga bisa memberikan rasa percaya diri Jaksa KPK dan Institusi KPK untuk mengungkap secara terang benderang para aktor koruptor proyek e-KTP serta menuntut para pelaku koruptor e-KTP seberat beratnya. Selain itu, masyarakat juga dapat mengawasi majelis Hakim agar tidak mengarahkan jalannya sidang tersebut yang meringankan para koruptor dan menghindarkan para oknum anggota DPR agar tidak dijerat sebagai pelaku korupsi e-KTP.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0