Fahri Hamzah: Ahok Terdakwa Penista Agama Tidak Layak Sambut Tamu Negara

Ahok Terdakwa Penista Agama

Raja Salman bin Abdul Aziz (tengah) saat bersalaman dengan Ahok terdakwa penista agama

       

TerbitNews - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah mengomentari keikutsertaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam penyambutan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Rabu, 1 Maret 2017. Secara pribadi, Fahri menilai sikap Ahok, selaku terdakwa kasus dugaan penistaan agama, dalam menjabat tangan Raja Salman tidak layak.

“Kalau saya tetap dalam pendirian, tidak layak bagi terdakwa (Ahok) menjabat, apalagi menjabat, tampil, dan ekspose,” kata Fahri di DPR, Jumat, 3 Maret 2017.

Dalam foto yang beredar, Ahok terlihat berjabat tangan dengan Raja Salman, yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo. Ahok mengenakan jas dan peci hitam. Dalam foto tersebut, Presiden Jokowi tampak memperlihatkan senyum. Sedangkan di belakang Raja Salman, terlihat Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga menyaksikan.

Fahri menilai sikap Ahok tersebut tidak layak karena akan membuat standar moral terhadap pejabat negara runtuh. Ia pun terkesan menyinggung keseriusan pemerintah dalam kasus hukum yang menjerat Ahok saat ini.

“Tapi kalau pemerintah Pak Jokowi menganggap hukum ini main-main, pengadilan ini main-main, penyidikan kepolisian main-main, jaksa itu main-main, ya, sudahlah memang kita mari main-main saja semuanya. Itu saja cukup,” ujar Fahri dikutip tempo.co.

Adapun Ahok berbangga bisa bersalaman dengan Raja Salman. Bahkan, lewat akun Twitternya, @basuki_btp, Ahok mengunggah foto dia tengah bersalaman dengan Raja Salman. “Mendampingi Presiden Joko Widodo menyambut Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Semoga membawa kebaikan untuk hubungan kedua negara,” demikian keterangan foto yang ditulis @basuki_btp, Rabu, 1 Maret 2017.

Ditanya wartawan soal jabat tangan itu, Ahok mengatakan,” Ya pokoknya dikenalin Presiden. Bersalaman, lalu dikenalin. Ini Kepala BIN, terus ini Gubernur DKI Jakarta. Ya, aku salaman.”

Wartawan yang masih penasaran sempat bertanya apakah Raja Arab itu menyinggung ihwal kasus Ahok terkait Surat Al-Maidah ayat 51. Gubernur Jakarta tersebut hanya terkekeh mendapat pertanyaan itu. “Enggak, lah. He-he-he....” ujar Ahok sambil tersenyum.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top