KPU Jakarta Siapkan Surat Suara 7,3 Juta

KPU_Jakarta Surat_Suara

Surat Suara Pilkada DKI

       

TerbitNews - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 7.392.619 surat suara dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, yang saat ini dalam proses pencetakan, kata Komisioner KPU Jakarta M. Fadlillah.

"Jumlah surat suara yang di cetak sebanyak Daftar Pemilih Tetap plus 2,5 persen pemilih di tiap tempat pemungutan suara yaitu sekitar 7.392.619 surat suara," kata Fadlillah di Kantor KPU Jakarta, Rabu, (11/1/2017).

Dia mengatakan KPU Jakarta juga menyiapkan 200 ribu surat suara kalau terjadi pemungutan suara ulang.

Menurut dia, proses pencetakan surat suara dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan dan pihak KPU Jakarta mengirimkan tim pengawas yang melakukan proses pengawasan pencetakan surat suara.

"Kami harap proses produksi berjalan baik dan lancar namun ada kejadian mati listrik beberapa waktu namun kami imbau agar bisa diantisipasi dan insya Allah berjalan sesuai target," ujarnya.

Fadillah mengatakan ditargetkan surat suara itu sampai ke Jakarta pada 24 Januari 2017, dan itu sesuai dengan aturan bahwa surat suara harus siap 14 hari sebelum pemungutan suara.

Selain itu menurut dia, KPU Provinsi DKI Jakarta dibantu KPU kabupaten-kota akan menyortir surat suara sehingga apabila ditemukan kerusakan maka tidak didistribusikan ke TPS-TPS.

"Hasil cetakan yang kami peroleh, kami sortir surat suara dan yang rusak dimusnahkan," kata Fadillah.

Sementara itu dia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU kabupaten dan kota se-DKI Jakarta, Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemumungutan Suara (PPS) untuk mendistribusikan logistik dan surat suara.

Menurut Fadlillah, KPU Provinsi Jakarta sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mengamankan distribusi logistik dan surat suara.

Sebelumnya Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno mengatakan pihaknya mengalami kesulitan dalam mendistribusikan logistik dan surat suara khususnya di wilayah Kepulauan Seribu karena kendala cuaca dan alam.

Karena itu menurut dia, distribusinya di wilayah tersebut dilakukan lebih awal dibandingkan wilayah lain di Jakarta.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top