Rapuh Jika Tidak Paham Al Quran

90% Umat Islam Tak Punya Al Quran

Anton Tabah ICMI MUI Al Quran

Dewan Pakar di ICMI, Anton Tabah Digdoyo

       

TerbitNews - Dewan Pakar di ICMI, Anton Tabah Digdoyo mengatakan, umat Islam dimanapun pasti rapuh lemah tak berdaya jika tidak paham Al Quran apalagi sudah meninggalkan Al Quran.

''Kekuatan umat Islam itu ada di Al Quran. Semakin mau mengkaji, memahami, dan mengamalkan Al Quran maka suatu bangsa akan makin kuat dan jaya. Al Quran bukan hanya panduan kehidupan umat manusia tapi juga panduan peradaban penemuan ilmu dan teknologi,''  ujar Anton.

Purnawirawan jenderal kepolisian itu menegaskan, hampir semua penemuan ilmu pengetahuan dipandu oleh Al Quran. Hal itu dijelaskannya pada kuliah sore di depan ribuan jamaah Masjid Nuruliman,  Solo, Rabu  (4/1/2017).
 
Anggota Komisi Hukum MUI Pusat itu menambahkan, saat ini umat Islam di Indonesia belum optimal dalam mengkaji Al Quran secara sungguh-sungguh sehingga belum bisa memahami Islam dengan baik.

''Bahkan, masih lebih 50% umat Islam Indonesia belum bisa baca Al Quran. Mungkin sekitar 90% nya juga tidak punya Al Quran. Tiap ceramah, saya selalu tanya apakah di rumah punya Al Quran? Kebanyakan menjawab tidak punya. Ironisnya, kebanyakan punya anak 4 hingga 5 dan semuanya dibelikan motor. Tapi tak punya Al Quran yang harganya cuma Rp50.000,'' jelasnya.

Anton menambahkan, dirinya terinspirasi kata-kata bijak yang mengatakan, kajilah Al Quran tiap hari 1 juz.  

''Jika tak bisa setengah juz sehari, jika tak bisa 1 lembar sehari, jika tak bisa 1 ayat sehari. Jika juga tak bisa pandanglah Al Quran lalu bilang Ya Allah dosa apakah hamba kok males sekali memgkaji firman-firman Mu. Lah bagaimana mau memandangi Al Quran jika di rumah tak punya Al Quran?,'' ungkap Anton yg disambut haru oleh ribuan jamaah.
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top