KPU Optimis Pilkada Diselenggarakan Serentak

KPU RI Pilkada Serentak Juri Ardiantoro

Ilustrasi Pilkada Serentak

       

TerbitNews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI optimistis Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 dapat diselenggarakan secara serentak sepenuhnya di 101 daerah.

"Pilkada serentak tahun 2017 diselenggarakan di 101 daerah, kami optimistis tidak akan ada lagi pilkada susulan atau tidak serentak karena sengketa pencalonan kepala daerah," ujar Ketua KPU RI Juri Ardiantoro dalam Diskusi Akhir Tahun yang diselenggarakan KPU RI di Jakarta, Rabu.

Juri mengatakan pada pilkada serentak tahun 2015, yang melibatkan 269 daerah terdapat lima daerah yang mengalami pengunduran jadwal karena adanya sengketa pencalonan, sehingga kelima daerah itu tidak mengikuti pilkada serentak.

Menurut Juri, KPU optomistis sengketa serupa tidak akan terjadi lagi dalam Pilkada serentak 2017. "Walau ada satu sengketa di Papua tapi secara umum bisa diselesaikan," kata dia.

Juri menyampaikan secara umum catatan Pilkada 2017 dari sisi kepesertaan calon kepala daerah menurun drastis dari pilkada-pilkada sebelumnya.

Rata-rata jumlah pasangan calon dalam Pilkada 2017 berjumlah dua hingga tiga pasangan calon.

"Memang ada daerah yang jumlah pasangan calonnya empat, lima dan enam, tapi sebagian besar hanya dua-tiga pasangan saja, bahkan ada sembilan daerah yang memiliki calon tunggal," kata dia.

Sedangkan catatan dari daftar pemilih yakni masih adanya masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik sebagai salah satu syarat seseorang untuk memiliki hak pilih, serta adanya sebagian masyarakat yang selama hidupnya di suatu daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak, namun belum pernah memiliki data kependudukan apapun.

"Pertanyaannya untuk warga yang belum memiliki data kependudukan apapun, apakah kita akan keluarkan mereka dari daftar pemilih atau ada kebijakan pemerintah agar mereka tetap punya hak pilih. Ini catatan kita bersama," jelas Juri.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top