Kapolri Tegur Kapolres Yang Keluarkan Surat Edaran Sesuai Fatwa Haram Atribut Natal

Natal Fatwa MUI Kapolri Kapolres

Ilustrasi (ist)

       

Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengeluarkan terguran keras terhadap dua Kapolres, masing-masing Kapolres Metro Bekasi Kota dan Kapolres Kulonprogo, terkait dikeluarkannya surat edaran mengenai penggunaan atribut keagamaan yang merujuk pada fatwa MUI.

"Saya keluarkan teguran keras karena tidak boleh mengeluarkan surat edaran yang mereferensikan pada fatwa MUI," ujar Tito di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Menurutnya, polisi tidak boleh serta merta mengeluarkan surat edaran, karena fatwa yang dikeluarkam MUI itu hanya sebagai rujukan untuk berkoordinasi.

"Fatwa MUI bukan rujukan hukum positif, itu sifatnya koordinasi, bukan mengeluarkan surat edaran yang bisa menjadi produk hukum bagi semua pihak," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam surat itu ditulis untuk mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas yang bernuansa SARA (suku, ras, agama dan antargolongan), mengimbau agar pimpinan perusahaan menjamin hak beragama umat muslim dalam menjalankan agama sesuai keyakinannya, tidak memaksakan kehendak untuk menggunakan atribut keagamaan nonMuslim

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top