Soal di Ujian SMP, `Siapakah calon Gubernur Jakarta yang melecehkan Alquran?`

Ahok Penistaan Agama SMP Ujian Sekolah

Ahok

       

Purbalingga - Nama Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masuk dalam soal ujian akhir semester di SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga, Jawa Tengah. Dalam soal ujian itu, tertulis pertanyaan "Siapakah nama calon Gubernur Jakarta yang melecehkan Alquran saat ini?"

Pada soal pilihan ganda dalam soal ujian mata pelajaran tarikh atau sejarah perkembangan Islam untuk siswa kelas IX yang diujikan pada Jumat 2 Desember 2016 lalu, menyediakan jawaban: A. Paijo B. Ahik C. Ken Arok D. Basuki Candra (Ahok).

Adalah Jumanto, guru yang membuat soal tersebut akhirnya meminta maaf karena memasukkan nama Ahok dalam soal ujian akhir semester.

Jumanto juga langsung mendapat surat teguran dari Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PDM Purbalingga Sukamto.

Menurut Sukmanto, materi tersebut tidak sesuai dengan materi kurikulum mata pelajaran Tarikh yang seharusnya membahas tentang sejarah Islam. Materi di soal tersebut seharusnya tidak masuk ranah pendidikan.

Jumanto juga sudah membuat surat pernyataan permohonan maaf tertulis. Dalam surat pernyataannya tersebut dia mengaku soal yang dia buat itu karena dalam posisi dikejar deadline dengan kondisi kelelahan dan kurang fokus.

Dia juga menjelaskan jika secara pribadi dirinya tidak ada niat membuat naskah yang dapat menimbulkan perbedaan pendapat.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top