Jumlah Korban Tewas Gempa Aceh 103 Orang

Gempa Aceh

Ilustrasi kerusakan akibat gempa

       

Jakarta, Terbit - Jumlah korban tewas gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh bertambah menjadi 103 orang. Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Soedarmo, menyatakan, sekitar 8.000-an korban sudah tertangani secara baik.

“Para korban musibah gempa sudah terdata semua dan nanti akan mendapat bantuan per paket,” ujar Soedarmo, Kamis (8/12) dilansir Antara.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan lebih dari 700 orang luka berat dan ringan. Dilaporkan sebanyak 85 jenazah telah berhasil diidentifikasi.

Sementara korban luka ringan dan berat 536 orang. "Jumlah korban yang tewas diprediksi akan terus meningkat. Sebab, pencarian korban jiwa belum sepenuhnya dilakukan di semua titik bangunan yang roboh.," ujar Juru bicara BNPB Sutopo di kantor BNPB, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

BNPB mengatakan korban tewas itu tersebar di tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya, Pidie dan Bireun. Getaran gempa juga merusak ratusan bangunan ruko dan rumah, sehingga menyebabkan 3.276 orang mengungsi.

BMKG sebelumnya mencatat telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, pada Rabu 7 Desember 2016, pukul 05.36 WIB. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Bantuan

Sementara itu, satu pesawat terbang lorong tunggal, Boeng B-737 disiapkan Kementerian Perhubungan untuk mengangkut logistik, makanan, peralatan, hingga personel penanggulangan korban gempa Pidie di Aceh.

Menteri Perhubungan, Budi Sumadi, di Medan, Kamis, menyatakan, "Saya telah menginstruksikan kepada jajaran untuk bekerja sama dengan operator transportasi baik di darat, laut, maupun udara untuk menyiapkan bantuan angkutan logistik korban gempa."

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top