Membuat Kopi yang Enak dan Nikmat Ala Barista Pengkolan

kopi, kopi pengkolan

Soekarno-Hatta nikmati kopi

       

Jakarta, Harian Rakyat -Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat digemari di dunia. Bahkan untuk beberapa orang minum kopi adalah sebuah gaya hidup.

Meski banyak pendapat tentang kandungan dalam kopi yang berefek negatif bagi kesehatan, namun kopi tetap digemari oleh hampir  80% – 90% populasi orang dewasa di dunia.

Jika Anda adalah salah satu penikmat kopi, ada beberapa cara membuat kopi agar lebih nikmat. Kamu harus memperhatikan kualitas air, kualitas biji kopi itu sendiri, proporsi yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan beberapa faktor lainnya.

Serunya lagi adalah saat ini kita bisa membeli alat-alat pembuat kopi manual dan membuatnya sendiri. Caranya pun mudah, kamu bisa membuat kopi racikanmu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara membuat kopi nikmat ala barista Pengkolan yang bisa Anda coba:

Filter Method/Drip Method

Metode ini merupakan cara membuat kopi populer yang banyak digunakan oleh masyarakat karena terbilang sederhana dan efisien.


 

Cara Pembuatan:

Cara membuat kopi dengan metode ini sangat mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas bejana kopi. Kemudian air panas akan dituang di atasnya, kopi kemudian diseduh dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap disajikan.

French Press

Kalau metode French Press ini sering kamu temui di kedai-kedai kopi. French Press atau Plunger/Cafetiere ini bisa mengekstrak banyak citra rasa yang terdapat dalam kopi bubuk. Kamu bisa membeli alat  French Press ini dengan harga yang terjangkau.



Cara Pembuatan:

Cara menggunakannya juga terbilang simple, masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam Frensh Press, tuangkan air mendidih yang sebelumnya telah didiamkan selama 1 menit ke dalam French Press tersebut. Pastikan kamu menuangkan air mendidih dari teko ke dalam French Press dengan posisi yang agak tinggi dari  French Press itu sendiri karena ini bisa menghasilkan gelembung air yang akan membuat aroma kopi menjadi lebih nikmat. Kemudian aduk rata, makin lama diaduk maka akan membuat aroma dan rasa kopi lebih menyatu. Langkah terakhir adalah dengan menekan kopi menggunakan tutup French Press secara perlahan. Tuangkan racikan tersebut ke dalam cangkir dan kopi pun siap dinikmati.

Turkish Coffee

Metode ini disebut juga dengan Arab Method. Sebenarnya metode ini merupakan asal muasal cara pembuatan kopi yang pertama kali. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat pekat. Metode ini cocok buat kamu yang memang menyukai kopi dengan rasa yang kuat.



Cara Pembuatan:
Pertama-tama untuk membuat kopi ini ada menggiling biji kopi secara manual dengan menggunakan lesung dan alu atau mesin penggiling kopi (kahve de─čirmeni). Bubuk kopi tersebut kemudian ditaruh di sebuah bejana (ibrik) dengan gula dan air. Campuran ini diasuk dan didisihkan hingga 3 kali. Kopi pun siap disajikan.

Espresso
Mesin Espresso ini bisa dibilang adalah salah satu mesin yang canggih untuk membuat kopi. Hampir semuanya bisa dijalankan secara otomatis, termasuk dalam pengaturan suhu. Namun tetap saja kopi yang dihasilkan nanti ditentukan dari pengalaman-pengalaman kamu sendiri dalam membuat kopi.



Cara Pembuatan:
Cara membuat kopi dengan mesin espresso terbilang agak rumit, terutama bagi kamu yang memang pertama kali menggunakannya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menghaluskan biji kopi, dengan menggunakan mesin Espresso ini, kamu bisa mengatur kehalusan kopi yang tepat sesuai selera kamu, yang jelas makin halus akan bisa menghasilkan rasa yang nikmat. Taruh biji kopi yang sudah halus ke dalam Porta Filter, namun pastikan sudah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan terlebih dahulu. Usahakan agar permukaan kopi halus pada Porta Filter rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya. Langkah terakhir adalah melakukan Ekstraksi Espresso, dengan memanfaatkan Variable Presseru kamu bisa mengeluarkan flavor yang kamu inginkan.

Kopi Vietnam

Menurut situs Wustuk rahasia racikan kopi vietnam trung nguyen sendiri katanya sangat sederhana dan mudah serta praktis. Kopi yang diseduh menggunakan Vietnamese drip dituangkan ke gelas yang seperempat bagiannya sudah terisi susu kental manis. Kopi yang digunakan umumnya adalah yang memiliki aroma coklat yang kuat.



Versi aslinya menggunakan kopi Trung Nguyen. Namun kedai kopi semacam Kopitiam Oey menggunakan kopi Aroma Bandung. Jika ditambah batu es atau es batu akan semakin mantap. Pas...

Silakan mencoba di pengkolan rumah masing-masing.
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0