Marsetio Tegaskan Indonesia Poros Maritim Dunia

POROS,MARITIM,DUNIA,MARSETIO,PIP,SEMARANG

KULIAH UMUM DR MARSETIO

       

HARIAN RAKYAT, SEMARANG - Indonesia sebagai poros maritim dunia terus disosialisasikan pemerintahan Jokowi-JK. Dengan visi tersebut, Indonesia diyakini akan kembali menjadi bangsa yang tangguh dan diperhitungkan di panggung internasional. Hal tersebut menjadi poin utama dalam kuliah umum yang disampaikan Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio saat didaulat memberikan Kuliah Umum “Peran Politeknik Ilmu Pelayaran dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia” di depan civitas academika Polikteknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/9).

Dikatakan KSAL periode 2012-2015 dan lulusan terbaik dari AAL Surabaya ini, Indonesia adalah negara maritim yang besar, lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil serta dua pertiga wilayah NKRI adalah lautan, dengan kekayaan alam dan potensi ekonomi luar biasa. “Butuh SDM pelaut yang tangguh dan berjiwa nasionalis sejati untuk mengelola dan memanfaatkan potensi maritim Indonesia yang luar biasa besarnya itu,” tandas Marsetio yang juga menjabat Ketua Komite Kebijakan Publik Kementerian Perhubungan dan Utusan Khusus Pada International Maritime Organization (IMO).

“Peran aktif Indonesia sebagai negara di IMO, dengan luas laut terbesar di dunia, untuk menunjukan bahwa Indonesia layak diperhitungkan dunia. Apalagi, Indonesia berkontribusi di setiap perumusan kebijakan maupun aturan yang dikeluarkan IMO. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo yang memosisikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” tambah Marsetio.

Marsetio berharap taruna PIP Semarang terus mempunyai semangat, daya juang, dan tak mudah menyerah saat berlayar sebagai perwira di atas kapal. Diketahui, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah kampus negeri milik Kementerian Perhubungan RI dan telah masuk White List di Internasional Maritime Organization tahun 2000.
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top