Pariwisata Bahari Terbukti Dongkrak Ekonomi

WISATA,BAHARI,POROS,MARITIM,MARSETIO

MARSETIO DI BALI

       

HARIAN RAKYAT, BALI - Pesona Indonesia, yang menjadi tagline Kementerian Pariwisata guna mendongkrak pertumbuhan pariwisata, dinilai membuahkan hasil. Kampanye dan sosialisasi tentang keindahan pariwisata di Indonesia ternyata mampu menarik minat para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Peningkatan tersebut otomatis ikut memacu pertumbuhan ekonomi dengan semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Dalam kurun 2015 saja, perolehan devisa negara menurut lapangan usaha di sektor pariwisata Indonesia mengalami kenaikan. Pada tahun 2015 perolehannya sebesar USD 12,578.6 juta. “Ini artinya sektor pariwasata adalah salah satu andalan kedepannya untuk mewujudkan visi Presiden Jokowi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ungkap Penasehat Senior Menteri Pariwisata, Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio.

Hal tersebut disampaikan Marsetio saat menjadi pembicara dalam acara sosialisasi aplikasi Yachters pasca diterbitkannya PP nomor 105 tahun 2015 tentang kunjungan kapal wisata asing ke Indonesia, di Puri Santrian Bali, Kamis (22/9).

Menurut dia, potensi pariwasata bahari Indonesia idealnya dapat menjadi motor penggerak pertumbungan ekonomi sebagai salah satu penyumbang devisa negara dan motor penggerak untuk membuka lapangan pekerjaan. Apalagi, sambung KSAL 2012-2015 ini, pariwisata bahari merupakan salah satu sektor prioritas pembangunan dalam kabinet kerja.

Diketahui, potensi wisata bahari Indonesia yang sangat besar terlihat dari total garis pantai Indonesia yang mencapai 80.000 km dan luas laut yang mencapai sekitar 3,1 juta km2. Selain itu Indonesia memiliki sekitar 50.875 km2 terumbu karang. Dengan demikian, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi besar untuk pengembangan pariwisata bahari. Indonesia menjadi jantung dari segitiga karang dunia yang terdiri dari beberapa negara seperti, Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Filipina, Papua Nugini, dan Solomon.
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0