HUT ke-1 PIPAL: Merawat Silaturahim Lewat Kegiatan Sosial

PIPAL,PERSATUAN,ISTRI,PURNAWIRAWAN, TNI, AL, HUT

HUT KE 1 PIPAL

       

HARIAN RAKYAT, JAKARTA - Persatuan Istri Purnawirawan Angkatan Laut (PIPAL) genap sudah berusia satu tahun. Dalam acara yang dikemas meriah di Graha Jala Puspita, Jakarta, Rabu (14/9/2016), ratusan istri purnawirawan Angkatan Laut yang hadir sepakat untuk tetap menjalin silaturahim meski tidak lagi terikat dalam ikatan dinas resmi. Itu sebabnya, PIPAL sepakat mengusung motto: silaturahim untuk sehat.

Ketua PIPAL, Ny Penny Marsetio, mengemukakan, PIPAL merupakan wadah bagi seluruh istri purnawirawan Angkatan Laut dari seluruh strata, baik perwira, bintara, maupun tamtama. Dalam PIPAL, istri yang terdiri dari berbagai golongan usia itu berbaur menjadi satu untuk membentuk aneka kegiatan. Antara lain, bermain musik kolintang, gamelan, maupun band. Sebab, Ny Penny menekankan, PIPAL juga ingin terlibat dalam upaya pelestarian budaya bangsa. “Musik kolintang itu kan punya Indonesia. Jangan sampai diklaim negara lain. Makanya PIPAL juga ikut melestarikan budaya nasional,” ujar Ny Penny kepada wartawan di lokasi acara.

Ny Penny, yang merupakan istri dari KSAL periode 2012-2015, Laksamana (Purn) Marsetio ini menambahkan, PIPAL juga sering melakukan kegiatan kunjungan kepada keluarga TNI AL yang sedang ditimpa musibah. “Kami juga membantu keluarga yang keadaan ekonominya sedang kurang baik, lalu ada panti jompo yang kedudukannya di Surabaya. Pokoknya, setiap ada perumahan TNI AL, di sana pasti ada pensiunan, dan otomatis menjadi bagian dari PIPAL,” ungkap dia.

Adapun pendataan anggota PIPAL dilakukan secara serentak di seluruh satuan TNI AL. Akan tetapi, proses pendaftarannya cukup dengan membagikan PIN kepada setiap istri purnawirawan. “Anggota PIPAL itu jumlahnya akan ribuan, dan akan terus bertambah yang tersebar di seluruh Indonesia.”

Soal dana operasional organisasi, Ny Penny menjelaskan, PIPAL mampu berdiri sendiri tanpa harus memungut biaya dari seluruh anggota. Bahkan, dalam waktu dekat, PIPAL bakal merintis usaha Small Market sebagai salah satu cara memperoleh pendanaan operasional organisasi.

Dalam usianya yang baru satu tahun, Ny Penny bercerita, seluruh istri purnawirawan TNI AL sangat antusias untuk bergabung dalam PIPAL. Hal tersebut, sambung Ny Penny, terjadi karena telah adanya rasa kebersamaan sejak suami masih aktif berdinas. “Hubungan batin di antara kami itu sangat memudahkan sekali. Kami bangga menjadi bagian dari TNI AL,” jelas Ny Penny.

Diketahui, organisasi PIPAL dibentuk berdasarkan SKEP KSAL No.Kep/1134/VIII/2015 yang menetapkan mantan Ketua Umum Jalasenastri terakhir yaitu Ny Penny Marsetio menjadi Ketua PIPAL yang pertama.  Selanjutnya tanggal 26 agustus 2015 dinyatakan sebagai tanggal terbentuknya organisasi PIPAL. Adapun kepengurusan PIPAL akan otomatis berganti apabila KSAL sudah purnawirawan. “Sesuai masa aktif KSAL sekarang, saya masih akan menjabat Ketua PIPAL hingga dua tahun ke depan, sebelum digantikan Ibu Endah Ade Supandi (istri KSAL saat ini),” ujar Ny Penny.
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top