Korut Larang Rakyat Sindir Pemerintah Kim Jong Un

korut,kim,jong,un,rezim,internasional

Kim Jong Un/ilustrasi

       

HARIAN RAKYAT, KORUT - Rezim Kim Jong Un melarang rakyat Korea Utara menyindir pemerintah atau melontarkan kalimat sarkasme. Larangan ini berlaku dalam setiap kesempatan, termasuk saat berbincang di keseharian.

Sumber Radio Free Asia yang dikutip The Independent, Jumat (9/9), mengatakan larangan ini disampaikan para pejabat Korut dalam berbagai acara yang menghadirkan banyak masyarakat di seluruh negeri.

"Seorang pejabat keamanan negara secara pribadi mengadakan pertemuan untuk memberi tahu penduduk lokal soal potensi 'tindakan permusuhan' oleh unsur-unsur pemberontakan dalam negeri," ujar sumber di Provinsi Jagang.

"Inti dari pengumuman itu adalah 'Tutup mulutmu'," lanjut sumber lagi.

Peringatan tersebut juga disampaikan di Provinsi Yangang, ujar sumber itu.

Segala bentuk kata sindiran terhadap pemerintah dilarang, baik diucapkan secara tersirat maupun tersurat. Contohnya, kata "Ini adalah salah Amerika" dianggap sebuah sindiran terhadap pemerintah.

"Kebiasaan pemerintah pusat menyalahkan negara lain saat muncul masalah tentu saja adalah kebohongan, membuat masyarakat [menggunakan kata itu] untuk mencemooh partai," kata sumber yang tidak disebut namanya.

Di antara perkataan yang juga dilarang adalah, "Orang bodoh yang tidak tahu dunia luar". Perkataan ini muncul di Korut, terutama di kalangan para pejabat.

Kalimat itu untuk menyindir Kim yang tidak menghadiri perayaan berakhirnya Perang Dunia II di Rusia dan China, sekutu terdekat Korut.
 

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top