Forum Kampung Kota Tolak Ahok

ahok,tolak,pilgub,dki

Ahok

       

HARIAN RAKYAT, JAKARTA - Sejumlah aktivis HAM, Advokat dan praktisi membentuk Forum Kampung Kota. Mereka membuat surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Isi surat terbuka tersebut adalah meminta agar Presiden Jokowi dan PDIP menolak mendukung pencalonan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Kami mendesak PDI Perjuangan, sebagai partai wong cilik, sekaligus partai politik terbesar di Indonesia, untuk menolak mendukung pencalonan Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur DKI (2017-2022). Kami meyakini tak ada basis moral dan ideologi yang bisa dijadikan sebagai dasar bagi PDI Perjuangan untuk mendukung pencalonannya. Demokrasi, keadilan dan keberpihakan pada kaum marhaen adalah ideologi PDI Perjuangan yang tidak dapat ditemui oleh kandidat ini," tulis surat terbuka Forum Kampung Kota, Jumat (19/8/2016).

Mereka yang menandatangani surat terbuka penolakan terhadap Ahok itu antara lain, Siene Indriani yang juga anggota Komnas HAM, sejawaran DKI JJ Rizal, Wardah Hafidz dari Urban Poor Consortium dan Advokat yang juga politikus PKB Nursyahbani Katjasungkana.

Ketika dikonfirmasi, Siene mengaku mendukung Forum Kampung Kota menolak Ahok karena melihat kebijakannya selama menjadi Gubernur DKI tidak berpihak pada rakyat kecil. Dia mencontohkan sikap Ahok soal penggusuran yang dinilai lebih berpihak pada pengusaha ketimbang rakyat jelata.

Siene menegaskan bahwa sikapnya ini tidak mewakili Komnas HAM. "Saya atas nama pribadi karena terdorong karena kebijakan penggusuran era Ahok yang tidak logis," kata Siene ketika dikonfirmasi detikcom.

Alasan serupa disampaikan oleh Nursyahbani. Dia melihat kebijakan Ahok sangat merugikan orang kecil. Misalnya penggusuran dan reklamasi. "Saya prihatin banyal kebijakan Ahok yang hanya berpihak pada pemilik modal. Ahok tak pernah mendengar masukan dari orang lain," kata Nursyahbani.

Meski menolak pencalonan Ahok, Nursyahbani dan Siene mengaku belum akan mengajukan nama calon gubernur alternatif selain Ahok. Alasannya keikutsertaan mereka di Forum Kampung Kota bukan untuk tujuan politik tertentu.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0