Tim Medis Puskemas Mampang, Jaksel: Lelah, Namun Tetap Semangat dan Kreatif

Tim Medis Puskesmas Mampang

       

Jakarta, TerbitNews - Covid19 yang disebabkan oleh virus Corona telah beberapa saat menyerang dunia, termasuk Indonesia. Untuk Indonesia, data menunjukkan bahwa kasus positif Corona terbanyak ditemui di Jakarta Selatan (Jaksel). 

 

Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta per 23 Maret 2020, yang dikutip dari kumparan.com, ada 84 kasus positif corona di kota administratif tersebut. Sementara, total jumlah positif di Indonesia sendiri, sampai 25 Maret 2020 pukul 16.00 mencapai 750 kasus. Hingga kini, Jaksel masih tercatat sebagai wilayah yang memiliki kasus positif corona tertinggi di Indonesia.

 

Salah satu yang berjibaku untuk melawan Covid19 ini adalah tim medis Puskesmas Mampang, yang berada di Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan. Sebagai sentra layanan kesehatan pertama di wilayah Mampang, setiap hari tim medis harus melayani ratusan pasien yang datang dengan keluhan terkait. Ini bisa dipahami karena Puskesmas Mampang melayani 5 kelurahan, dengan total penduduk mencapai 147 ribu jiwa (data 2017).

 

 

Salah satu kendala tim medis di Puskesmas Mampang, seperti yang sekarang ini banyak dialami oleh berbagai pusat layanan kesehatan di Indonesia, adalah kurangnya alat-alat medis sederhana, utamanya alat yang bisa menjamin keamanan dan keselamatan paramedis saat melayani pasien. Sebut saja, misalnya, Alat Pelindung Diri (APD), masker dan sarung tangan.

 

Tim medis di Puskesmas Mampang, yang berjumlah total 223 orang, ternasuk di antaranya 35 dokter umum, tidak kehilangan akal dalam mengatasi keterbatasan alat tadi. APD misalnya, secara darurat, terpaksa dibuat dari jas hujan. Tutup kepala dimodifikasi dari penutup rambut dan sebagainya. Salah seorang dari Tim Medis Puskesmas Mampang, menyatakan, meski seadanya, pelayanan tidak boleh berhenti. "Istirahat ala kadarnya. Peralatan seadanya. Tapi tidak ada kata menyerah," tegasnya.

 

Kiranya pemerintah dan semua kalangan bisa tergerak hati untuk mendukung kerja-kerja paramedis di Mampang, juga di seluruh Indonesia, demi memenangkan pertarungan terhadap wabah dunia ini. Bantuan berupa alat-alat medis, utamanya yang bisa menjamin kerja-kerja aman tim medis, serta berbagai dukungan lainnya akan bisa membantu kelancaran kerja para pahlawan kita ini.

       

Populer Berita Minggu Ini :

www.terbitnews.com

To Top

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so' - /opt/cpanel/ea-php56/root/usr/lib64/php/modules/mysqli.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0